BERITA

  • DISNAKER KUNINGAN FASILITASI LULUSAN SIAP KERJA SMK KARNAS KUNINGAN DENGAN JOB FAIR

    DISNAKER KUNINGAN FASILITASI LULUSAN SIAP KERJA SMK KARNAS KUNINGAN DENGAN JOB FAIR

    Isu strategis yang membelit para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah masalah pengangguran. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk menekan angkatan kerja lulusan SMK di Kabupaten Kuningan harus terus dilakukan melalui berbagai kegiatan, yang salah satunya adalah dengan mengadakan bursa penempatan kerja atau Job fair.

    Hal itu dikemukakan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan, H. Saduddin, ketika membuka Job Fair di SMK Karya Nasional (Karnas) Kuningan, Jalan Cirendang – Cigugur, Selasa (27/02/2018).

    Turut hadir dalam giat Job Fair tersebut, Kasi Kelembagaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kemenaker RI, Febry Floreta, menyebutkan untuk sekolah ataupun universitas yang memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK), agar senantiasa melakukan koordinasi dengan Disnaker setempat. Guna memudahkan pendataan, juga dalam penempatan kerja bagi para lulusannya.

    “Bagi BKK sekolah ataupun universitas yang akan menggelar Jog Fair, bisa bekerjasama dengan Kemenaker, untuk mendatangkan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Dengan berkoordinasi melalui Disnaker di daerah masing-masing," terangnya.

    Dan, dijelaskan Kepala Sekolah SMK Karnas Kuningan, H. Yepri Esa Trijaka, bahwa saat ini BKK masih didominasi oleh SMK. Dikarenakan, kalau lulusan SMA biasanya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau kuliah.

    “Kebanyakan yang bersekolah di SMK menginginkan lulus siap kerja, walaupun ada juga yang melanjutkan kuliah. Begitupun sebaliknya lulusan SMA, ada juga yang langsung bekerja. Job Fair ini diadakan guna penempatan kerja lulusan SMK Karnas terutamanya," kata Yepri. (Erx) http://portaljabar.net

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks