BERITA

  • Alhamdulillah UNBK SMK 2017 Di JABAR Khususnya SMK KARNAS Sukses

    Alhamdulillah UNBK SMK 2017 Di JABAR Khususnya SMK KARNAS Sukses

    Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan sebanyak 90 persen siswa SMK di Jawa Barat telah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017. Tahun 2018 ditargetkan seluruh siswa SMK di Jabar telah melaksanakan UNBK.

    Pria yang akrab disapa Aher, meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 1, Jalan Wastukencana, Kota Bandung. Didampingi sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Jawa Barat, dia mendatangi beberapa kelas untuk memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar. 

    "Alhamdulilah UNBK di Jabar sudah 90 persen," kata dia, saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 1, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (3/4/2017).

    Dia menerangkan pelaksanaan UNBK tahun ini sedikit berbeda. Pasalnya pelaksanaan UNBK untuk SMK dan SMA/MA dipisahkan. Menurut dia ini bagus karena bisa meningkatkan kosentrasi para siswa. "Ini bagus dipisah kosentrasi bisa dibagi dan lebih fokus," ujarnya. 

    Pelaksanaan UNBK 2017 di Jawa Barat digelar di 1.941 sekolah. Dengan jumlah peserta sebanyak 233.897 siswa. Dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat terdapat empat daerah yang telah melaksanakan 100 persen UNBK. Di antaranya Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Sukabumi.

    "Tahun depan kita targetkan bisa seluruhnya melaksanakan UNBK. Ini perlu persiapan. Apalagi baru empat bulan SMK resmi dikelola Pemprov," katanya.

    Pelaksanaan UN untuk jenjang SMK akan dilaksanakan dari hari ini sampai Kamis 6 April 2017, sedangkan UN SMA akan dimulai pada 10-13 April 2017. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

    ...

    Pelaksanaan UN Berbasis Komputer di SMK Karya Nasional Kuningan pun berjalan dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti. Kendatipun demikian sempat terjadi kekhawatiran terjadinya pemadaman listrik oleh PLN tapi alhamdulillah itu tidak terjadi.

    Faktor cuaca pun sempat menjadi kendala dimana di hari pertama pelaksanaan UNBK pada sesi terakhir sempat terjadi hujan yang deras dengan disertai petir. Tapi alhamdulillah tidak berdampak pada pelaksanaan UNBK di SMK Karya Nasional.

    Dengan kekompakan tim proktor dan teknisi semua kendala dapat diantisipasi jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan UNBK baik itu yang berhubungan denga komputer, jaringan maupun aplikasi.

    Dan Insya Allah SMK Karya Nasional Kuningan dalam waktu dekat ini juga menjadi tempat penyelenggaraan UNBK untuk SMPN 1 Cigugur, semoga bisa berjalan dengan lancar, sukses tanpa ekses. Semangat para "Proktor dan Teknisi"!!!

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks