BERITA

  • SMK KARNAS MEWAKILI KEMENDIKBUD DALAM PAMERAN INTERNASIONAL

    SMK KARNAS MEWAKILI KEMENDIKBUD DALAM PAMERAN INTERNASIONAL

    SMK Karya Nasional (KarNas) Kuningan turut serta dalam pameran "Indo Defence 2016" yang digelar tanggal 02-05 November 2016 dalam rangka Pekan Raya Jakarta di Jl Expo Kemayoran Jakarta. SMK KarNas mewakili Kemendikbud dalam pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan. Pameran ini meliputi lebih dari 20.000 delegasi dan pengunjung serta melibatkan perusahaan Internasional. Terdiri dari 884 Perusahaan, 573 perusahaan dari luar negeri, 221 perusahan dari dalam negeri, dan 45 negara. Dan sudah digelar 7 kali sejak tahun 2004. Acara ini dibarengi dengan konferensi internasional yang menyediakan platform untuk jaringan dan pakar industri. Terutama bagi pengunjung awam, atraksi yang menarik adalah peragaan berbagai peralatan tempur.
     
    Indo Defence sejatinya menjadi bursa industri senjata untuk memperkuat jaringan dan melakukan bisnis, namun selain memamerkan senjata, tapi juga industri pertahanan lainnya, seperti: kendaraan, propelan, radar, pesawat militer, dan kapal militer. Selain alutsista, Indo Defence juga memamerkan non-alutsista. Industri pertahanan dalam negeri milik pemerintah maupun swasta, instansi pemerintah, dan perguruan tinggi turut berpartisipasi sebagai peserta pameran.
     
    SMK KARNAS Kuningan sendiri terlibat langsung didalamnya sebagai peserta mewakili kemendikbud bersama 3 SMK lain se Indonesia, yaitu : SMK 1 Mundu, SMK Kelautan dan Perikanan Jember, SMK Plus Ma’arif Singgosari. 
     
    Menurut kepala SMK KarNas, Dr. H Yepri Esa Trijaka, M.M.Pd, SMK KarNas menampilkan modifikasi kendaraan roda empat yang dimodifikasi sedemikian rupa dari Engine, Electrical, dan Chasis yang berkorelasi dengan pameran tersebut, yakni tentang ketahanan dan pertahan negara.
    “ Konsentrasi yang di pamerkan adalah tentang keterampilan Body Repair dimana dalam prosesnya banyak melibatkan siswa dari proses nol hingga kendaraan tersebut siap di pamerkan, hal itu sejalan dengan visi sekolah, menghasilkan lulusan yang SmartComptent, dan Religious.” Jelasnya.
     
    Sejumlah perusahan pertahanan ternama ikut ambil bagian dalam pameran ini, antara lain Boeing Defence, Airbus, Brahmos, Norinco dan lainnya. Sedangkan perusahaan dari dalam negeri yang ikut memamerkan produknya antara lain PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, PT Len Industri, PT Krakatau Steel, PT Industri Kapal Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Tesco Indomaritim dan banyak lagi.
     
    Acara yang dibuka kemarin Rabu, 02 November 2016 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kala, menjadi ajang evaluasi ketahanan negara khususnya bagi Indonesia, atau lebih khususnya menjadi evaluasi bagi peserta pameran dan unjuk kekuatan serta kemampuan sekolah dalam kompetensi yang dikembangkan.
     
    “Kedepannya SMK Karnas akan menjadi mini factory yang mengemban tugas dalam pengembangan teknologi yang kian pesat berkembang, SMK Karnas sendiri sudah menyiapkan serangkaian persiapan tersebut guna menghadapi tantangan yang kian bertambah pesat. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Kemendikbud sehingga bisa berpartisipasi dalam pameran ini.” Pungkas Kepala SMK KarNas.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks